Begin typing your search above and press return to search. Press Esc to cancel.

Dasar Belajar Sablon Kaos




Hallo Teman- teman kali ini saya akan sharing mengenai Sablon Kaos, sebelumnya banyak yang bertanya kepada saya mengenai apa saja alat yang dibutuhkan untuk menyablon kaos, tinta dengan kualitas seperti untuk clothing menggunakan tinta apa, apa perbedaan rakel dan lain – lain. Berikut adalah pengertian secara garis besarnya saja dan apa yang saya bagikan adalah berdasarkan pengalaman pribadi jadi sekiranya saya meminta maaf apabila dalam sharing ilmu kali ini masih ada beberapa kekurangan, berikut adalah dasar dasar Alat dan Bahan yang dibutuhkan dalam menyablon kaos.

1. Screen Sablon

Screen  Sablon adalah layar penyaring yang dibentangkan pada bingkai baik berjenis Kayu maupun Alumunium yang digunakan sebagai acuan cetak gambar sablon.layar penyaring terbuat dari kain gasa yang mempunyai pori-pori dan bertekstur halus maupun kasar.lubang pori-pori pada kain gasa ini berfungsi menyaring dan menentukan jumlah tinta yang keluar sesuai dengan acuan cetak.kain gasa mempunyai tipe ukuran tertentu sesuai dengan kode, hal ini dibedakan berdasarkan jarak kerapatan dan renggangnya pori-pori pada kain.untuk kain gasa yang berpori-pori besar akan terasa kasar karena mempunyai kerapatan yang lebih lebar. Screen yang mempunyai lubang pori-pori cukup besar hanya cocok untuk  sablon jenis kain sebab tinta sablon akan lebih mudah disalurkan lewat pori-pori kain dan bahan dapat menyerap tinta dengan sangat baik.screen sablon juga mempunyai ukuran tertentu yang populer dipasaran adalah ukuran 20x30, 30x40, 40x60, 50x60, 50x70


Contoh Screen dengan Frame Alumunium

Screen dengan Frame Kayu

2. Coater


Coater adalah Alumunium yang berfungsi untuk menyapu obat afdruk ke bagian Screen Sablon. Lazimnya menggunakan bahan alumunium. Alat ini cukup dibutuhkan walaupun menggunakan penggaris atau bekas kartu perdana pun bisa. Namun keuntungan menggunakan coater adalah sapuan lebih rata dan relatif cepat. Coater juga memiliki banyak ukuran.

Contoh Alumunium Coater


3. Rakel

Rakel adalah alat bantu penyapu tinta sablon yang ada pada screen sehingga terjadi pemindahan tinta dari screen ke permukaan benda yang disablonkan. Rakel pada sisi penyaput nya berbahan karet (polyvinyl) yang cukup kuat dan tahan kelembaban suhu , udara dan macam macam obat kimia. Rakel dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
a)      Rakel Lunak
Rakel lunak biasanya digunakan untuk menyablon Waterbase Ink, atau tinta berbasis air. Juga untuk mencetak lazimnya Blok, atau daerah desain yang membutuhkan sapuan tinta yang lebih banyak. Ukuran kekerasanya 50 A – 60 A Durometer.
b)      Rakel Keras
Rakel Keras biasanya digunakan untuk menyablon waterbase ink ataupun solvent base ink, biasanya digunakan untuk menyablon Raster atau gambar dengan detail yang tinggi . ukuran kekerasanya 70 A – 90 A Durometer.


Contoh Rakel Gagang Kayu


 4. Kipas Angin

Kipas angin digunakan untuk mengeringkan hasil afdrukan agar lebih cepat dan efisien.

Kipas Angin Blower Untuk Pengeringan Afdrukan Lebih Efisien dan Maksimal.

5. Hair Dryer atau Heatgun


Hotgun / Hairdryer digunakan untuk mengeringkan hasil sablon, namun lebih efisien jika menggunakan hotgun karena mempunyai daya panas yang cukup dan terhitung lebih cepat untuk memproses pengeringan karena menyablon kaos terutama tinta seperti Rubber kadang tidak hanya sekali naik (sekali timpa). Sehingga untuk mengimbangi waktu kita perlu alat pengering yang cepat untuk mengeringkan. Anda bisa membelinya di alat-alat teknik , maupun di SPS terdekat.

Heatgun Efisien Untuk mengeringkan Hasil Sablonan Dengan Cepat.

6. Semprotan Air / Handsprayer


Penyemprot air ada yang otomatis maupun manual, digunakan untuk proses pengembangan acuan cetak (merontokan obat afdruk pada Screen) ketika proses pengafdrukan. 

Handsprayer dengan Sistem Pompa dan Otomatis.


7. Obat Afdruk (Photo Emulsion)


Obat afdruk adalah obat kimia yang biasanya terdiri dari Emulsi dan Sentisizer (cairan kuning), yang sudah dikemas dalam satu paket saat membeli.
Banyak merk yang sering digunakan Screen Printer di Indonesia , ada Bremol, Ulano, Tx 88, Polyzol,Diazol, Super X dan Merk Import Saati Chemical.
 


Ulano TZ untuk Textile
 8.  Meja Afdruk


Berfungsi untuk mengekspos atau melakukan proses pemindahan gambar agar disinari dengan lampu dan membuat stencil. Model nya box dengan kayu ada juga yang menjual dengan rangka alumunium yang pasti lebih kuat dan berkualitas.lamanya waktu penyinaran dipengaruhi oleh Merk Obat afdruk , banyaknya lampu yang digunakan, dan jenis lampu (neon biasa atau menggunakan UV).mengafdruk menggunakan meja afdruk/ meja lampu lebih efisien karena kita tahu pasti kapan kita harus berhenti menyinari dan relatif stabil.
alat tambahan untuk mengafdruk menggunakan meja afdruk diantaranya : Busa Afdruk, kain hitam dan pemberat, saya menggunakan pemberat dengan cor coran berbentuk kotak seukuran screen.


Contoh Meja Afdruk Model Box
 
9.  Tinta Sablon



Tinta sablon dibagi menjadi 2 jenis yaitu berbahan dasar air (Waterbase) dan bahan dasar minyak (Solvent Base).
Contoh Jenis tinta Waterbase : Rubber, Extender, Superwhite, Discharge Binder
Contoh Jenis Tinta Solvent Base : Plastisol, Royalnilon, PVC Ink dll.


10.  Meja Sablon Presisi


Meja sablon berfungsi untuk memudahkan kita dalam mencetak sablon, dan tentunya agar hasil nya lebih maksimal dan sesuai dengan yang kita harapkan.meja sablon sudah banyak sekali yang hadir di pasaran screen printing indonesia. Seperti Meja Frame Presisi, Meja rell panjang, meja catok dan meja sablon rotary, secara prinsip sama saja yaitu Presisi. Setiap orang mempunyai tipikal sendiri dalam memilih meja sablon tentunya sesuai dengan kebiasaan dan minat .   

Meja Sablon Rotary Lebih Cepat dan Efisien.






Sekian dulu yang bisa saya jelaskan mengenai dasar alat dan bahan. Insyaallah akan saya sambung dengan lebih detail segera.

2 comments:

  1. Dasar Belajar Sablon Kaos >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Dasar Belajar Sablon Kaos >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Dasar Belajar Sablon Kaos >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete